Kulit kusam

kulit kusam

Kulit kusam

Kulit kusam

Pada dasarnya tubuh manusia sudah mempunyai mekanisme regenrasi terhadap kulit, dengan kata lain tubuh kita mampu mengembalikan kulit kusam kita menjadi segar dan indah kembali, biasanya proses tersebut berlangsung selama 18 hari. Namun seiring bertambahnya usia, maka kemampuan sel-sel kulit kitapun akan menurun. Sehingga lama kelamaan proses regenerasi pada kulit kita pun menjadi lebih lambat. Sehingga akan muncul proses pengkriput diwajah kita. Penyebab kulit kusam bermacam-macam, seperti proses penuaan, kurang tidur, kelelahan tubuh, maupun faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari dan cuaca.

Dikutip dari klikdokter.com untuk menjaga agar kulit tetap berkilau, terlihat segar dan terhindar dari kulit kusam, banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan saat ini.

Berikut beberapa langkah sederhana sebagai upaya membiasakan pola hidup sehat untuk mengatasi kulit kusam:

Konsumsi makanan bernutrisi

Batasi konsumsi makanan cepat saji, makanan berminyak, minuman beralkohol, dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran agar kulit kusam dapat ternutrisi dengan baik dan menjadi lebih cerah.

Cukupi kebutuhan cairan

Kulit yang mengalami dehidrasi tampak lebih kusam dan kering. Minum setidaknya 2 L/hari (sesuaikan dengan aktivitas Anda) agar sel-sel kulit tetap terjaga kelembabannya dan menghindari kulit kusam.

Olahraga

Olahraga memperbaiki sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh, serta membantu mengeluarkan zat toksin dari tubuh sehingga kulit kusam menjadi tampak lebih segar.

Hindari rokok, alkohol, dan polusi udara

Ketiga hal ini dapat memicu penumpukan kotoran di kulit, menghambat sirkulasi oksigen ke sel kulit, dan membuat kulit kusam.

Tidur cukup dan teratur

Kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan level hormon stres di dalam tubuh, yang dapat memicu proses peradangan, penuaan, dan memperberat jerawat. Untuk itu, cukupi waktu tidur Anda sekitar 7-8 jam per hari.

Lakukan ritual kecantikan

Selalu bersihkan wajah setiap Anda selesai beraktivitas di luar rumah, ketika mandi, dan sebelum pergi tidur. Terapkan suatu ritual kecantikan yang tidak boleh Anda lewatkan, misalnya sebelum pergi tidur, Anda harus selalu membersihkan wajah dan mengoleskan pelembab yang sesuai jenis kulit Anda.

Perawatan wajah ekstra

Lakukan eksfoliasi kulit mati pada wajah dengan menggunakan scrub khusus wajah, masker, pijat, ataufacial sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Kegiatan ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah maupun di pusat layanan kecantikan yang dilakukan oleh ahli kecantikan atau dokter kulit.

Lindungi kulit

Penyebab utama kulit kusam adalah paparan sinar matahari, oleh karena itu lindungi kulit Anda dengan mengoleskan tabir surya padakulit sebelum Anda terpapar sinar matahari.

Terakhir, yang sering terlupakan adalah menjaga kebersihan telepon genggam, sarung bantal, dan benda lain yang sering bersentuhan dengan kulit wajah, agar kulit terhindar dari kotoran dan kuman yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Mulailah menerapkan langkah-langkah di atas agar kulit Anda terbebas dari masalah, serta bijaksana dalam memilih produk yang menjanjikan hasil instan, karena sebenarnya sel-sel kulitmembutuhkan waktu untuk beregenerasi, diimbangi dengan nutrisi dari dalam tubuh agar kulit sehat alami.

Kulit kusam

about the author:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *